Kamis, 06 Oktober 2016

Kunci Sukses Membangun Jiwa Entrepreneurship Mahasiswa UNS

Nah pada kali ini saya akan membahas tentang "Kewirausahaan". Pasti temen temen tidak asing kata tersebut, bukan begitu????

Jadi teman teman saya akan lebih menekankan pada berwirausaha saat posisi kita sebagai seorang mahasiswa. 

Waahh, ini pasti bahasan yang menarik bagi kita para mahasiswa yang memiliki jiwa wirausaha atau mungkin yang ada keinginan untuk menjadi mahasiswa yang "sambil menyelam minum air" lebih tepatnya mencoba berpenghasilan sendiri. 

Daripada membuat teman teman lebih penasaran lagi, saya akan membahasnya.

Kewirausahaan sering sekali dikaitkan dengan kata"Dagang", ya benar sekali sebab banyak fakta di lapangan yang menunjukkan bahwa berwirausaha ya berdagang, entah itu berdagang dengan barang maupun jasa. 

Penelitian juga menunjukkan bahwa kegiatan berdagang adalah kegiatan yang paling menguntungkan dan mudah untuk dilakukan. 

Banyak orang memilih berwirausaha sebab banyak fakta yang terjadi di lapangan, bahwa orang terkaya di berbagai negara termasuk di Indonesia adalah mereka yang berwirausaha, bukan mereka yang duduk di kursi pemerintahan,bukan mereka yang menjabat di kursi sebuah perusahaan,
 
Berwirausaha tidak harus bermodal yang besar dan memiliki pendidikan yang tinggi, banyak orang berwirausaha dari awalnya nol atau bermodal pas pasan namun sekarang menjadi pengusaha yang terpandang, tidak hanya terpandang orangnya tapi terpandang juga hartanya. 

Jadi teman teman jangan pernah minder kalau kita mau terjun di dunia kewirausahaan, walaupun kita sebagai mahasiswa.

Nah, saat posisi kita sebagai seorang mahasiswa yang memiliki banyak tanggung jawab di atas pundak kita, sebaiknya juga tidak melupakan akan status yang kita sandang saat mau berwirausaha. 

Memikirkan secara matang matang apa yang akan kita lakukan tindakan akan membuat kerugian pada diri kita dan masyarakat, sebab  teman teman tanggung jawab kita sebagai mahasiswa sangat besar dan harus dipertanggungjawabkan. 

Sebelum memulai wirausaha di dunia mahasiswa, kita harus berfikir bahwa kita sebagai mahasiswa memiliki tugas yang utama yakni belajar bukan berwirausaha, posisi wirausaha dapat kita letakkan setelah berbagai prioritas yang harus kita kerjakan sebagai seorang mahasiswa. 

Wirausaha bisa diletakkan pada urutan yang kesekian untuk urusan kuliah. Disini sya mengajak berwirausaha , tetapi temen temen saya disini juga menekan  pada kuliah, jadi intinya kuliah adalah yang pertama dan wirausaha salah nomor ke sekian.

Jadi ingat temen temen pesan saya ini, jika Anda tidak  akan patuh dan tidak paham pesan saya "dilarang keras untuk melanjutkan membaca "

Untuk memulai mungkin mudah teman teman tapi dalam proses perjalan berwirausaha akan menemui banyak rasa, nah hal ini yang akan membuat kita berhenti di tengah jalan.

Kunci yang pertama adalah sebuah konsisten, mudah mengucapkan kata ini tapi sangat sulit untuk melaksanakannya. 

Dimana  konsisten ini adalah  sebuah proses secara terus menerus  dan  berkelanjutan.  jika teman teman tidak memegang prinsip ini tidak menutup kemungkinan usaha yang telah dirintis akan hancur seketika.

Kunci yang kedua adalah mampu mengenal diri sendiri dengan baik, atau yang lebih dikenal dengan istilah analisis SWOT, dengan ini teman teman akan tau ranah dimana teman teman akan berwirausaha. 
 
Disini saya menekankan akan hal ini, dan semakin Anda mengenali diri Anda maka akan lebih mudah menentukan ranah kita akan berwirausaha. 

Dan kunci yang terakhir yang akan saya sampaikan adalah sebuah kesungguhan, kesungguhan yang saya tawarkan adalah kesungguhan yang bukan main main, dan ingat bahwa arti dari kesungguhan kuliah tidak akan pernah main main. 

Tidak perlu konsep yang fantastis dalam berwirausaha tetapi tidak memiliki sebuah kesungguhan. 

Jadi teman teman kesungguhan tidak mudah diciptakan pada diri kita, perlu usaha yang keras untuk menciptakan nya serta rasa sabar yang  luar biasa.

Sebagai penutup, wirausaha yang baik adalah mereka  yang mampu mengelola dirinya dengan baik sehingga bisa menjadi wirausaha yang sukses dan berguna bagi bangsa.

Terimakasih.....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Dibudidayakan Membaca terlebih dulu

Jangan Lupa Komentarnya ya...